EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Prameswari, Etika and Zamzaili, Zamzaili and Hanifah, Hanifah (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS DAN PLAGIAT__ ETIKA PRAMESWARI - Melisa Antasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu pada semeseter genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 432 siswa dan sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA U sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA A sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Hal ini ditunjukkan dari nilai Pada table Tests of Between-Subjects Effects pada baris kelas didapat nilai F hitung = 257,280 sedangkan nilai F table untuk db (1,69) = 3,9798 yang berarti F hitung lebih dari F table. Selanjutnya model pembelajaran Treffinger efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa Hal ini ditunjukkan dari nilai pada table Tests of Between-Subjects Effects pada baris kelas didapat nilai F hitung = 170,674 sedangkan nilai F table untuk db (1,69) = 3,9798 yang berarti F hitung lebih dari F table. Rata-rata nilai siswa pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran Saintifik. Rata-rata pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen sebesar 82,290 dan kelas kontrol sebesar 61,682. Rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 78,306 dan kelas kontrol sebesar 57,805. Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:18
Last Modified: 12 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item