PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

ANITA LESTARI, ECI and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ECI ANITA LESTARI (A2G021010) - Eci Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada bangun datar kelas IV MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu, yang berjumlah 24 siswa kelas IV Darussalam sebagai kelas kontrol, dan 24 siswa kelas IV Naim sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan soal tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay melalui pretest dan postest. Teknik analisa data dalam penelitian ini analisa validasi ahli dengan menggunakan Aiken’s V dan Interrater Reliability, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, konstruksi dan bahasa layak digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji-t hipotesis 1 didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 kurang dari taraf signifikan (α) 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Sedangkan pada uji t hipotesis 2, didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,02 kurang dari taraf signifikan (α) 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdadarkan uji N-gain score dari penerapan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu dan dinyatakan efektif. Kata Kunci: Pendekatan RME, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item