PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL PADA MATERI BUNYI DI KELAS 4 SDN 104 KOTA BENGKULU

Susanti, Elva and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL PADA MATERI BUNYI DI KELAS 4 SDN 104 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ELVA SUSANTI PERPUSTAKAAN FKIP - elva susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL (Problem-Based Learning) dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pengetahuan faktual dan konseptual. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menguji efektivitas bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define melibatkan pengidentifikasian kebutuhan, tujuan, dan konteks penelitian. Tahap Design melibatkan perancangan rancangan awal produk atau model yang akan dikembangkan. Tahap Develop melibatkan implementasi dan pengembangan produk atau model tersebut. Tahap Disseminate melibatkan penyebaran dan evaluasi produk atau model tersebut kepada pemangku kepentingan terkait. Hasil penelitian pengembangan flipbook menunjukkan bahwa bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL layak digunakan. Respon siswa positif, dengan 91% siswa memenuhi kriteria baik. Bahan ajar ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual, seperti yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,63 (kategori sedang), sementara pada kelas kontrol hanya sebesar 0,20 (kategori rendah). Kesimpulan penelitian pengembangan flipbook menunjukkan bahwa bahan ajar digital flipbook berorientasi PBL layak digunakan. Respon siswa positif, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual. Kata Kunci: Flipbook, Problem-Based Learning, Pengetahuan Faktual dan Konseptual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:30
Last Modified: 12 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item