PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF ANAK USIA DINI PADA KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) DI TK AMANAH SUNGAI JERNIH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Anggereni, Desi Tri (2023) PEMBELAJARAN HOLISTIK INTEGRATIF ANAK USIA DINI PADA KOMUNITAS ADAT TERPENCIL (KAT) DI TK AMANAH SUNGAI JERNIH KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
DESI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Neta Hesni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara mendalam strategi pembelajaran HI untuk mengoptimalkan perkembangan AUD pada KAT di TK Amanah Sungai Jernih kabupaten MURATARA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Sedangkan subjek penelitianya ketua yayasan, kepala sekolah, guru, wali anak, ketua Adat, Polindes. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data, menggunakan reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Filosofi pembelajaran TK Amanah Sungai Jernih Kabupaten MURATARA. Kontruktivis yaitu diberikan kebebasan untuk melakukan sesuatu, 2) Perencanaan pembelajaran HI pada anak KAT mengacu kepada kurikulum 2013, ProTa, ProSem, RPPM dan RPPH, 3) Pelaksanaan pembelajaran HI pada anak KAT menggunakan area yang dilakukan memalui tiga tahapan Pembuka, Inti, Penutup dengan aspek perkembangan anak. 4). Evaluasi pembelajaran HI anak KAT dengan metode observasi secara individu dan kelompok dengan menggunakan test dan non test yang dilaksanakan setiap hari baik proses maupun hasil evaluasi dikelompokkan mingguan, bulanan dilaporkan setiap akhir semester. Penilaian disajikan melalui deskripsi BB, MB, BSH, BSB untuk setiap aspek perkembangan anak. 5). Strategi Pembelajaran HI yang disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini pada KAT di TK Amanah sungai jernih di anjurkan dengan strategi ―MeBeLis‖. Strategi MeBeLis ini bisa meningkatkan minat belajar anak sehingga penelitian ini memberikan kontribusi untuk Lembaga Pendidikan AUD, hal inilah yang menjadi novelty dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pembelajaran Holistik Integratif, Komunitas Adat Terpencil (KAT)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item