Oktaria, Sheren Dwi and Badeni, Badeni and Alexon, Alexon (2023) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS JIGSAW (BLBJ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA D3 KEPERAWATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
Text (DISERTASI)
disertasi sheren-compressed - sheren dwi Oktaria.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menginvestigasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model BLBJ (Blended Learning Berbasis Jigsaw) dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa Program D3 Keperawatan. Penelitian ini merupakan R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi desain instruksional ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengembangan model pembelajaran ini berupa lembar penilaian model, lembar observasi penilaian keterampilan klinis, lembar penilaian RPS, angket efektivitas dan kepraktisan serta wawancara untuk mempermudah proses pengumpulan data sehingga mudah untuk dilakukan analisis. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan model dan perangkat pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, Validitas model dihitung menggunakan formula Aiken’s V. Keefektifan model diperiksa menggunakan uji-t dan ANOVA setelah memenuhi asumsi statistik parametrik dan melihat perbandingan hasil keterampilan klinis. BLBJ terdiri dari lima tahap meliputi: planning and preparation secara tatap muka, Expert Group discussion secara online, Expert Group Practice secara tatap muka, Jigsaw group secara tatap muka, Reflection secara online. Berdasarkan validitas model sebesar 0,81, validitas desain sebesar 0,76 dan validitas RPS 0,89 termasuk kategori valid sesuai hasil perhitungan dengan menggunakan formula Aiken's V. Karena koefisien alpha Cronbach lebih besar dari 0,70 maka model pembelajaran tersebut dianggap reliabel. Hasilnya, model pembelajaran memenuhi kriteria valid dan reliabel. Kepraktisan model BLBJ memiliki rata-rata 4 yang termasuk katagori praktis untuk meningkatkan keterampilan klinis. Hasil statistik pada uji T dengan nilai Nilai t hitung positif 15,913 dan uji Anova 0,00 artinya terdapat perbedaan bermakna pada nilai keterampilan klinis. Pada hasil observasi menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan klinis pada kelas dengan model BLBJ sebesar 1,308 yang lebih tinggi daripada kelas dengan model konvensional sebesar 0,953. Dengan demikian, Model BLBJ dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa D3 Keperawatan pada mata kuliah Dokumentasi Keperawatan. Kata kunci: Blended Learning, Jigsaw, Keterampilan Klinis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21420 |
Actions (login required)
View Item |