PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN KUE TRADISIONAL BENGKULU UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD

TRIANI, ENDANG and Agus, Susanta and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN KUE TRADISIONAL BENGKULU UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
ENDANG PUTRIYANI PERPUSTAKAAN UNIB - endang Putriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain, respon siswa, serta efektifitas produk hasil pengembangan pengembangan e-modul berbasis pendekatan RME menggunakan kue tradisional Bengkulu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan adalah model 4-D. Subjek dalam penelitian adalah siswa SDN 53 Kaur, yang berjumlah 12 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol, dan 13 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay untuk melakukan pretest dan postrest Untuk mengukur efektifitas kemampuan pemecahan masalah dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken's V reabilitas Interrater Reliability, uji normalitas, uji homogenitas, up-t dan N-gain score. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan desain, serta respon siswa terhadap penggunaan e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Hasil uji-t menyimpulkan bahwa pemanfaatan e-modul berbasis pendekatan realistic mathematic education (RAME) menggunakan kue tradisional bengkulu saat pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar kelas IV SD. Dilihat dari hasil nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00 Maka nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat perbedaan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji N-gain score dari penggunaan e-modul memberikan hasil nilai N-gain score yang tinggi yaitu 60%. Sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan e-modul berbasis pendekatan RAE menggunakan kue tradisional Bengkulu lebih tinggi dari siswa yang hanya menggunakan buku paket dari sekolah sehingga e-modul dinyatakan efektif Kata Kunci: E-modul, Pendekatan RME, Kue Tradisional Bengkulu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:30
Last Modified: 12 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21424

Actions (login required)

View Item View Item