OMI RAHARJO, FADHLI and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBASIS STEAM TERHADAP LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
FADHLI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Fadhli Omi Raharjo.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media virtual reality berbasis STEAM Terhadap Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar khususnya pada aspek konten,konteks, kompetensi dan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperimental atau eksperimen semu dengan mengunakan desain Pretest-Postest Control Group design untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh pengunaan media Virtual reality mengunakan pendekatan STEAM terhadap konten, konteks, kompetensi dan sikap literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media virtual reality berbasis STEAM layak untuk digunakan sebagai media dalam muatan IPA kelas VI materi tata surya. Persentasi hasil validasi aspek materi (80 %) , bahasa (78 %) serta desain 86 %. Hasil penelitian diketahui bahwa untuk aspek konten rata-rata hasil test pada kelas kontrol sebesar 71,33 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 87,69. Terdapat perbedaan rata-rata sebesar 16,36 Besarnya pengaruh ini ditunjukkan dengan effect size non parametrik 0,6 atau 73 % termasuk dalam kategori sedang, Aspek konteks hasil Uji Mann Whitney literasisains diketahui rata-rata hasil test pada kelas kontrol sebesar 70,00 dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,62. Terdapat perbedaan rata-rata sebesar 14,64. Besarnya pengaruh ini ditunjukkan dengan effect size 0,5 atau 69% termasuk dalam kategori sedang, Aspek kompetensi hasil uji mann whitney literasi sains rata-rata aspek kompetensi sebesar 74,97 kelas kontrol dan kelas ekperimen memiliki rata-rata 83,50. Berdasarkan rata-rata tersebut terdapat perbedaan rata-rata antara kedua kelas tersebut sebesar 8,53 poin. Besarnya pengaruh ditunjukkan dengan effect size sebesar 0.7 jika dipersentasekan sebasar 76% dengan kategori sedang, Sedangkan aspek sikap melalui hasil uji inferensial diketahui mean rank pada kelas eksperimen sebesar 89.13 dan kelas kontrol 82.67. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh media virtual reality berbasis STEAM Terhadap Literasi Sains aspek konten, konteks, kompetensi dan sikap pada pembelajaran IPA Di sekolah dasar Kata kunci : media virtual reality, STEAM, literasi sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21425 |
Actions (login required)
View Item |