PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI SISTEM TATA SURYA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VI

AMAN, GUSTAR and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI SISTEM TATA SURYA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
GUSTAR AMAN BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - SDN PULAUKIDAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL untuk meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual siswa, serta untuk mengembangkan dan menghasilkan modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Model ADDIE terdiri dari atas lima tahap pengembangan yang meliputi tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap Develop (pengembangan), tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL pada aspek materi, bahasa, dan konstruksi dinyatakan valid secara logis dan konsistensi antar validator terinterpretasi ―sangat kuat‖. Modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL juga dinyatakan layak secara empiris berdasarkan hasil wawancara guru dan angket respon siswa. Menurut guru kualitas modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL sudah baik, semua unsur-unsur modul sudah terpenuhi. Selain itu sajian gambar membantu siswa untuk memahami materi sistem tata surya. Modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL juga efektif untuk meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkkan skor N-gain pada peningkatan pengetahuan faktual yang diperoleh sebesr 0,75 dengan klasifikasi tinggi dan pada peningkatan pengetahuan konseptual diperoleh skor N�gain sebesar 0,72 dengan klasifikasi tinggi. Kata Kunci : Modul IPA, PjBL, Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:31
Last Modified: 12 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21426

Actions (login required)

View Item View Item