IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MELALUI PEMBIASAAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH (STUDI KASUS SD NEGERI 03 KABAWETAN KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG)

HARIANTO Z, HENDRI and Puspa, Djuwita and Abdul, Muktadir (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MELALUI PEMBIASAAN BERBASIS BUDAYA SEKOLAH (STUDI KASUS SD NEGERI 03 KABAWETAN KECAMATAN KABAWETAN KABUPATEN KEPAHIANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
HENDRI BEBAS PERPUSTAKAAAN UNIB - Hendri Harianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, mengungkapkan dan mendeskripsikan pelaksanaan dan evaluasi dari implementasi pendidikan karakter religius dan mandiri melalui pembiasaan berbasis budaya sekolah di SD Negeri 03 Kabawetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan kepala SD Negeri 03 Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif, meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan implementasi nilai karakter religius dan mandiri melalui pembiasaan berbasis budaya sekolah di SD Negeri 03 Kabawetan telah berjalan cukup baik dengan menentukan nilai utama PPK, menyusun jadwal harian/mingguan bersama tim khusus dan penanggung jawab, mendesain kurikulum dengan membuat buku indikator pencapaian kegiatan penguatan nilai karakter religius dan mandiri, dan mengevaluasi peraturan sekolah. (2) Pelaksanaan implementasi telah berjalan cukup baik melalui kegiatan rutin (karakter mandiri adalah literasi membaca sebelum pembelajaran dan karakter religius adalah salat dhuha yang dilaksanakan setiap hari, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan jumat religi membaca doa-doa dan melantunkan shalawat), kegiatan terprogram (karakter religius yaitu kegiatan Isra Miraj, maulid nabi muhammad SAW dan karakter mandiri kegiatan literasi berupa membuat karya literasi tema bulan bahasa yang dilaksnakan pada bulan Oktober), dan kegiatan spontan (menasehati peserta didik bagi yang melangar aturan dan memberikan contoh langsung, agar tidak melakukannya lagi). (3) Evaluasi implementasi nilai karakter masih terlihat kurang karena belum dilakukan tindak lanjut atas keberhasilan program yang sesuai dengan pedoman indikator keberhasilan penanaman nilai karakter religius dan mandiri. Kata kunci: pendidikan karakter, religius, mandiri, budaya sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:31
Last Modified: 12 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item