ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POE (PREDICTION, OBSERVE, EXPLANATION) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS V

SALEH, HOIRUL and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POE (PREDICTION, OBSERVE, EXPLANATION) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
HOIRUL SALEH -BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Hoirul Saleh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. (2) Mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis POE hasil pengembangan untuk siswa kelas V. (3) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V pada materi kalor dan perpindahan setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis POE. (4) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas V setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis POE. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) prosedur pengembangan yang akan dilakukan mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Napallicin. Berdasarkan hasil analisis penilaian kelayakan modul oleh para ahli terhadap modul pembelajaran IPA berbasis POE ini ahli bahasa memberikan penilaian dengan rata-rata 0,85, ahli materi memberikan penilaian dengan rata-rata 0,88 dan ahli media memberikan penilaian dengan rata-rata 0,87. Dari keseluruhan penilaian ahli mendapatkan skor rata-rata 0,87 yang dikategorikan cukup tinggi atau dapat dikatakan valid dan dapat diuji cobakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran dan masukan dari para ahli. Berdasarkan tabel uji independen tes pada bagian equal variances assumed diketahui nilai signifikasi 0,023 < 0,05 ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran IPA berbasis POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Nilai signifikasi hasil uji keterampilan preses sains diperoleh 0,025<0,05 ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran IPA berbasis POE berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Kata Kunci: Modul, POE, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:32
Last Modified: 12 Sep 2024 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21428

Actions (login required)

View Item View Item