PENGEMBANGAN E-MODUL SUMBER ENERGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV

RAHMAITUN HUSNA, LAILA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL SUMBER ENERGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
LAILA RAHMAITUN HUSNA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - rahmaitun husna01.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, Bahasa dan desai, respon peserta didik, serta efektifitas produk hasil pengembangan e-modul sumber energi berbasis Discovery Learning (DL) untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjeknya adalah peserta didik SDN 27 Banyuasin III, Sumatera Selatan, yang berjumlah 25 peserta didik kelas IV A sebagai kelas control dan 25 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, tes kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda melalui pretest dan postest. Untuk mengukur efektifitas kemampuan kognitif dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung dikelas control dan eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V dan Inter-rater Reliability, tanggapan peserta didik, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-T. Hasil validasi materi, Bahasa dan desain serta respon peserta didik terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga peserta didik senang dan tertarik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi sumber energi. Hasil efektifitas e-modul efektif terhadap kemampuan kognitif peserta didik. dilihat dari hasil nilai signifikansi yaitu 0,002 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji N-gain score dari penggunaan E�Modul memberikan hasil nilai gain score yang rendah yaitu kelas control 18% dan hasil nilai pada gain score sedang yaitu kelas eksperimen 34%. Sehingga pengetahuan kognitif peserta didik menggunakan E-Modul sumber energi berbasis Discovery Learning dinyatakan efektif. Kata Kunci : E-Modul, Sumber Energi dan Discovery Learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item