SOFIATUN JANNA, LAILA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
LAILA SOFIATUN JANNA BEBAS SPERPUSTAKAAN UNIB_compressed - Laila Sofiatun Janna.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Dari penelitian ini di dapat permasalahan sebagai berikut: (a) guru belum pernah membuat LKPD sendiri, (b) guru masih menggunakan LKPD yang didapatkan dari penyalur atau penerbit bukan hasil kreativitas dari guru, (c) peserta didik belum pernah terlibat dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, Bahasa, desain, respon peserta didik, serta efektifitas produk hasil pengembangan LKPD berbasis lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan siklus air dan dampaknya kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjeknya adalah peserta didik SDN 38 Banyuasin III, Sumatera Selatan yang berjumlah 22 peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol dan 20 peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket dan tes pengetahuan siklus air dan dampaknya berpa soal pilihan ganda melalui pretest dan posttest. Hasil validasi materi, Bahasa, desain serta respon peserta didik terhadap LKPD berbasis lingkungan sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga peserta didik senang dan tertarik belajar IPA pada materi siklus air dan dampaknya. Hasil efektifitas LKPD efektifitas terhadap pengetahuan siklus air dan dampaknya pada peserta didik. Dilihat dari hasil signifikansi yaitu 0,008 lebih kecil dari pada = 0,05. Berdasarkan uji gain score dari penggunaan LKPD memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu kelas kontrol 47% dan kelas eksperimen 59%. Sehingga, pengetahuan siklus air dan dampaknya yang menggunakan LKPD berbasis lingkungan dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa LKPD berbasis lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan siklus air dan dampaknya pada siswa layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran muatan IPA. Kata Kunci: LKPD, Lingkungan, Siklus air dan dampaknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21432 |
Actions (login required)
View Item |