MAYA SARI, LIA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (tesis)
LIA MAYA SARI PERPUSTAKAAN UNIB - LIA MAYA SARI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik flipbook berbasis model kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi ahli dan lembar soal keterampilan berpikir tingkat tinggi. Aspek yang divalidasi meliputi kelayakan materi, bahasa, dan media. Validator (raters) yang dilibatkan untuk memvalidasi berjumlah enam orang yang terdiri dari pakar dan praktisi. Data efektivitas penggunaan bahan ajar diperoleh dari hasil tes keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diberikan kepada 28 siswa kelas V sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik flipbook berbasis model kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sangat layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran muatan IPA pada tema enam “Panas dan Perpindahannya” kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Bahan Ajar Elektronik, Flipbook, Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21434 |
Actions (login required)
View Item |