Pengembangan E-Modul Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Nirmala, Linda and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
LINDA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Linda Nirmala.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain, respon siswa, serta efektifitas produk hasil pengembangan e-modul berbasis RME menggunakan rumah adat bubungan lima untuk meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa SDN 82 Kota Bengkulu, yang berjumlah 22 siswa kelas IV D sebagai kelas kontrol, dan 22 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep berupa soal essay melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas pemahaman konsep dilakukan tes tes sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V, reliabilitas Interrater Reliability, tanggapan siswa, dan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan desain, serta respon guru dan siswa terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran. Hasil nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji gain�score dari penggunaan e-modul memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu 48%. Sehingga pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan e�modul berbasis model RME menggunakan rumah adat bubungan lima lebih tinggi dari siswa yang hanya menggunakan buku paket dari sekolah sehingga dinyatakan efektif. Kata Kunci: Bangun Datar, Model RME, Bubungan Lima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:35
Last Modified: 12 Sep 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item