MAHDALENA, MAHDALENA and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
MAHDALENA Perpustakaan Pusat - Mahdalena Fuji Rahmat.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik menggunakan media powerpoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design (penelitian eksperimen semu). Quasi Eksperimental Design bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara dua variabel atau lebih kelompok yang menjadi subjek penelitian, karena sampelnya tidak dipilih secara acak melainkan sudah terbentuk berupa kelas-kelas. Oleh karena itu sampel penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN 2 Sungai Pinang dan sebagai kelas kontrol adalah 20 siswa kelas IV SDN 1 Sungai Pinang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test pretest dan posttest. Instrumen yang diberikan adalah soal berbentuk essay sebanyak 10 soal, yang terdiri dari 5 soal aspek induksi dan 5 soal aspek deduksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel aspek induksi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan peningkatan sebesar 44,00%. Sedangkan nilai rata-rata variabel aspek deduksi memiliki perbedaan peningkatan sebesar 39,40%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik menggunakan media powerpoint interaktif.terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Media Powerpoint Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21437 |
Actions (login required)
View Item |