AGUNG TRI PUTRO, MAS and puspa, juwita and Irwan, Koto (2023) PERSEPSI GURU KELAS IV SD AL-FURQON LUBUKLINGGAU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
MAS AGUNG TRI PUTRO bebas perpustakaan unib - Mas Agung.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter melalui K-13 agar tercapai, maka guru perlu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam K-13 melalui pembelajaran untuk penguatan karakter sehingga peserta didik tidak hanya menguasai materi pembelajaran tetapi memiliki karakter yang diinginkan dalam K-13. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru kelas IV SD Al Furqon Lubuklinggau terhadap pendidikan karakter dan implementasinya pada kelas tersebut khususnya pada KI 1 dan KI 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kasus pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yakni tentang bagaimana persepsi guru kelas IV SD Al Furqon mengenai pendidikan karakter dan juga implementasinya. Adapun, jumlah subjek dalam penelitian berjumlah 4 orang guru. Untuk instrumen penelitian, peneliti menggunakan lembar wawancara dan observasi. Dalam hasil penelitian didapati, bahwa guru memiliki persepsi yang positif terhadap pendidikan karakter pada kurikulum K 13 yang di terapkan di SD tersebut, hal ini disebabkan guru memberikan pandangan dan tanggapan yang baik dan juga mendukung penerapan pendidikan karakter pada wawancara yang telah dilakukan melalui tiga indikator persepsi tersebut. Sedangkan, dalam pengimplementasiannya bahwa nilai karakter yang di implementasikan seperti nilai religius pada KI 1, nilai karakter kejujuran, disiplin, tanggung jawab, peduli, percaya diri, santun dan disiplin pada KI 2. Dari proses pengimplementasian tersebut, guru telah sesuai dengan yang direncanakan Kata Kunci : Implementasi, K-13, Pendidikan Karakter, Persepsi Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:34 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21438 |
Actions (login required)
View Item |