PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MAKANAN KHAS BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

KURNIA SARI A2G021047, NOVIA and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MAKANAN KHAS BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PEMBULATAN BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
NOVIA KURNIA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB_compressed 2 - Novia Ks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan logis dan empiris, serta menentukan efektivitas penggunaan E-LKPD berbasis model Project Based Learning (PJBL) menggunakan makanan khas Bengkulu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pembulatan bilangan kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah siswa SDN 52 Kota Bengkulu, yang berjumlah 26 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol, dan 26 siswa kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pemecahan masalah berupa soal essay melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas pemecahan masalah dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V dan reabilitas Interrater Reliability, tanggapan guru dan siswa, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan desain, serta respon guru dan siswa terhadap E-LKPD sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil efektifitas E-LKPD berpengaruh baik terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Dilihat dari hasil nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji gain-score dari penggunaan E-LKPD memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu 53%. Sehingga pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan E-LKPD berbasis PjBL menggunakan makanan khas Bengkulu lebih tinggi dari siswa yang hanya menggunakan lembar kerja buku paket dari sekolah sehingga dinyatakan efektif. Kata kunci : E-LKPD, Etnomatematika, Makanan khas Bengkulu, PjBL, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:33
Last Modified: 12 Sep 2024 07:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item View Item