OKTAVIA RIZANA, OMEGA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V MUATAN PELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
OMEGA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB (2) (1)_compressed (2) (3) (2)_compressed (1)_compressed (1) - rosalina tika.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar kognitif level 1 pengetahuan dan pemahaman, level 2 penerapan atau aplikasi, dan level 3 penalaran dan sikap ilmiah siswa dimensi sikap ingin tahu dan berpikiran terbuka kelas V SDN 06 Ujan Mas muatan pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui dokumentasi, angket, observasi, dan test. Tes yang digunakan dalam mengukur hasil belajar kognitif siswa berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal yang berkaitan dengan muatan pelajaran IPA tema 7 materi perubahan wujud benda. Angket diberikan kepada siswa untuk menilai sikap ilmiah siswa dari dimensi sikap ingin tahu dan berpikiran terbuka berbentuk pernyataan positif dan negatif sebanyak 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif siswa level 1 pengetahuan, hasil belajar kognitif siswa level 2 penerapan atau aplikasi, dan hasil belajar kognitif siswa level 3 penalaran dan sikap ilmiah siswa dimensi sikap ingin tahu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran IPA secara umum sudah tergolong sangat baik. Uji N-Gain dari hasil pretest dan posttest hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif siswa dan sikap ilmiah siswa kelas V SDN 06 Ujan Mas muatan pelajaran IPA. Kata Kunci: Model Kooperatif tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah, Muatan Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21443 |
Actions (login required)
View Item |