IWAN TRI SUSILA, PUTU and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP LITERASI SAINS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
PUTU IWAN PERPUSTAKAAN - Kadek Suciani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek konteks, menganalisis pengaruh penggunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek konten dan menganalisis pengaruh penggunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi. Jenis penelitian yang dgunakan adalah penelitian quasy eksperimen atau ekaperimen semu dengan mengunakan desain pretest-posttest control group design. Desain penelitian ini melalui beberapa proses yaitu pretest, pelaksanaan pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol dan pelaksanaan posttest. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, angket analisis kebutuhan, instrumen soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek konteks. Rata-rata posttest kemampuan literasi sains aspek konteks pada kelas kontrol sebesar (72,76), kelas eksperimen sebesar (85,48). Penghitungan effect size sebesar 1,06 jika di presentase sebesar (84%) dengan kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek konten . rata�rata posttest kemampuan literasi sains aspek konten pada kelas kontrol sebesar (73,63) , kelas eksperimen sebesar (85,65). Nilai effect size sebesar (1,01) jika di presentase sebesar (84%) dengan kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek komnpetensi. Rata-rata hasil kemampuan literasi sains aspek kompetensi pada kelas kontrol sebesar (85,45) . Rata-rata hasil kemampuan literasi sains aspek kompetensi di kelas eksperimen sebesar (89,78) . Nilai effect size sebesar (0,91) jika di presentase sebesar (82%) dengan kategori besar. Pengunaan media flipbook dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kemampuan literasi sains pada aspek konteks, konten dan kompetensi dalam kategori besar. Kata kunci : Media Flipbook, Pendekatan STEAM ,Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21444 |
Actions (login required)
View Item |