PENGARUH PENERAPAN E-LKPD BERBASIS SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA

MEILANI, RISKA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH PENERAPAN E-LKPD BERBASIS SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
RISKA MEILANI _ S2 PENDAS_A2G021055 - Riska Meilani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh E-LKPD berbasis SOLE terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan menggunakan instrument berupa angket kemandirian belajar, soal pilihan ganda berpikir kritis, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan E-LKPD Berbasis Self Organized Learning Environments berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Hasil penelitian menunjukkan pada angket kemandirian ketika dilakukan uji Gain diperoleh skor pada kelas eksperimen sebesar 0,77 dan lebih tinggi dari pada uji Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Hal ini berarti terdapat peningkatan kemandirian peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dar kelas kontrol. Pada soal pilihan ganda berpikir kritis ketika dilakukan uji Gain diperoleh skor pada kelas eksperimen sebesar 0,77 dan lebih tinggi dari pada uji Gain kelas kontrol sebesar 0,41. Hal ini berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kata kunci : E-LKPD, Self Organized Learning Environments, Kemandirian Belajar, Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21445

Actions (login required)

View Item View Item