PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SOBIRIN, SOBIRIN and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOT) SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
SOBIRIN BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - sobirin_ birin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Mengetahui kelayakan LKPD berorientasi Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar.(3) Mendeskripsikan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berorientasi Predict�Observe-Explain (POE).(4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan LKPD berorientasi Predict-Observe-Explain (POE). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kuto Tanjung. Kelayakan LKPD berorientasi POE berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi, aspek media dan aspek bahasa terhadap LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE). Pada aspek materi dinyatakan sangat layak sebesar 0,86. Pada aspek media dinyatakan sangat layak sebesar 0,85. Pada aspek bahasa dinyatakan sangat layak sebesar 0,86. Sehingga LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi sumber layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi sumber energi yang telah diberikan kepada siswa kelas IV SD Negeri Kuto Tanjung diperoleh hasil sebesar 77,24 % dengan kategori sangat baik. LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Kata Kunci: LKPD, POE, Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21447

Actions (login required)

View Item View Item