MULYATI, ITA and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Tesis ITA MULYATI UNIB (1) - Ita Mulyati.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk a) menghasilkan media pembelajaran Pop Up Book, b) mendeskripsikan kelayakan media dan c) efektifitas penerapan mengetahui efektifitas penerapan media Pop Up Book pada pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPA aspek kognitif siswa materi daur hidup hewan di kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dalam model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif menggunakan instrument wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Hasil dari validasi ahli materi dengan koefisien V 0,77, hasil dari validasi bahasa dengan koefisien V 0,83 dan hasil dari validasi media dengan koefisien V 0,86. Dari hasil respon siswa diperoleh respon positif sebesar 94,16 %. Berdasarkan hasil uji t dengan nilai signifikansi (two-tailed) diperoleh 0,023 < 0,025, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji N - Gain diperoleh nilai 66,20 % pada kelas eksperimen dan 48,17% pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book layak digunakan dalam pembelajaran dan cukup efektif meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif siswa kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Media Pop Up Book, Model TGT, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:34 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21449 |
Actions (login required)
View Item |