PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL DALAM MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V

EDI PURNOMO, BAMBANG and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL DALAM MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS BAMBANG EDI PURNOMO A2G021006 OK - Bambang Edi Purnomo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar peserta didik jenjang Sekolah Dasar antara lain dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep terhadap penguasaan pengetahuan faktual dan konseptual dalam materi Siklus Air pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan jenis penelitian quasi experimental design. Instrumen yang diberikan terdiri dari dimensi pengetahuan faktual berjumlah 10 soal dan konseptual berjumlah 10 soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan pengetahuan faktual antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 22,14% dan pengetahuan konseptual sebesar 17,78 %. Disimpulkan bahwa a) Terdapat pengaruh yang signifikan (a=5%) penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep terhadap penguasaan pengetahuan faktual. b) Terdapat pengaruh yang signifikan (a=5%) penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep terhadap penguasaan pengetahuan konseptual. c) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan pengetahuan faktual dan konseptual melalui penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep dalam materi Siklus Air pada siswa kelas V. Kata Kunci: strategi pembelajaran, peta konsep, pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item