PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V

SUSANTI, EKA and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS EKA SUSANTI A2G021011_compressed - eka susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan penggunakan LKPD belum maksimal dan lembar kerja peserta didik yang telah digunakan kurang menarik siswa untuk berlatih keterampilan proses sains. proses IPA. Keterampilan guru terhadap materi pembelajaran IPA belum maksimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA siswa kelas V, mengetahui respon siswa terhadap LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas V, mengetahui efektivas penggunaan LKPD berbasis discovery learning dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (R&D) suatu proses untuk mengembangkan produk baru atau penyempurnakan produk yang telah ada sehingga dapat di pertanggungjawabkan. Penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk Pengembangan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa kelas V telah dihasilkan melalui penerapan pendekatan R & D dengan metode ADDIE. Integrasi model DL dalam unsur LKPD telah memperhatikan keterbatasan kemampuan berfikir rasional yang dimiliki siswa terutama siswa usia SD. untuk membantu meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains menggunakan model DL. Soal-soal yang digunakan soal kognitif dan soal keterampilan proses sains digunakan untuk penilaian. Kesulitan pengembangan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA yaitu pada tahap design, terutama pemilihan warna yang mencolok pada background dan pemilihan gambar yang bagus. Dengan peneliti selanjutnya perlu mempersiapkan gambar-gambar yang akan digunakan untuk mendukung LKPD. Kata kunci: LKPD, DL, Kognitif dan KPS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item