PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT REJANG LEBONG BERBASIS GAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 134 REJANG LEBONG

BUDI SANTOSO, EKO and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT REJANG LEBONG BERBASIS GAMBAR ILUSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 134 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS EKO BUDI SANTOSO UNTUK PERPUS UNIB_compressed - EKO BUDI SANTOSO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cerita rakyat Rejang Lebong berbasis gambar ilustrasi dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) melalui model ADDIE yang terdiri dari lima fase yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subyek penelitian siswa kelas IVB SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVC SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar validasi oleh para ahli. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasannya, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan bahan ajar cerita rakyat Rejang Lebong berbasis gambar ilustrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 134 Rejang Lebong dengan nilai rata-rata tes awal di kelas eksperimen sebesar 53,75 meningkat menjadi 77,5 pada tes akhir. (2) Bahan ajar cerita rakyat Rejang Lebong berbasis gambar ilustrasi dinilai layak oleh validator yang dibuktikan dengan hasil validasi bahan ajar memiliki interpretasi sangat valid dan hasil analisis koefisien Kappa menunjukkan interpretasi cukup kuat. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan bahan ajar cerita rakyat berbasis gambar ilustrasi karena hasil uji independen sampel tes menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan peningkatan sehingga bahan ajar ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Bahan Ajar Cerita Rakyat, Gambar Ilustrasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item