PENGARUH PENGGUNA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PKN TERHADAP HASIL BELJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELASVI SDN 22 REJANG LEBONG

IRAWAN, FERI and Puspa, Djuwita and Agus, Susanta (2023) PENGARUH PENGGUNA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PKN TERHADAP HASIL BELJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELASVI SDN 22 REJANG LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS FERI IRAWAN LENGKAP - FERI IRAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunakan model problem based learning (PII.) dalam pembelajaran tematik muatan PKn terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas VI SD N 33 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi normalitas, uji homogenitas, varian, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa dengan populasi sebanyak 41 siswa. Pengumpulan data berupa tes objektif dengan pilihan ganda dan angket. Data hasil penelitian analisis inferensial paired samples T-Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian nilai rata-rata pretest sebesar 56% dan posttest sebesar 82% sehingga mengalami peningkatan sebesar 20% sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54% dan posttest sebesar 63% sehingga peningkatannya sebesar 9%. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa kelas VI SDN 147 Rejang Lebong Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar Kognitif, Hasil belajar Afektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:46
Last Modified: 12 Sep 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21454

Actions (login required)

View Item View Item