PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EBOOK DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Junaidi, Junaidi and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EBOOK DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS JUNAIDI A2G021028 - Jun ID.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan, mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektifitas bahan ajar Ebook dengan Model Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian dalam pengembangan bahan ajar adalah model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen: wawancara, angket analisa kebutuhan, soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VI materi Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi. Validasi ahli dilakukan untuk aspek aspek kelayakan materi, bahasa, dan desain. Persentasi hasil validasi aspek materi (70 %) , bahasa (75 %) serta desain 70 %. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar IPA dengan materi Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi dengan kategori sangat baik, pada aspek kesinambungan isi (92 %) aspek desain (89 %) dan aspek ketertarikan materi (90 %). Bahan ajar Ebook dengan Model Flipped Classroom efektif untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa kelas VI SDN 54 Lebong yang berdasarkan effect size (0,84) dengan kategori sangat efektif. Kata kunci : Ebook, Flipped Classroom, kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:01
Last Modified: 12 Sep 2024 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21457

Actions (login required)

View Item View Item