MUSTAHIRAN, MUSTAHIRAN and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS MUSTAHIRAN new - Mustahiran Mus.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discover Learning menggunakan power point terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses IPA Kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental atau eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pre-test-pos-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Kulam tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,047 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan powerpoint siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Kulam terhadap hasil belajar. Begitupun dengan hasil sig (2-tailed) = 0,050 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan powerpoint siswa kelas V SD Negeri 2 Muara Kulam terhadap keterampilan proses IPA. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Proses
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21458 |
Actions (login required)
View Item |