PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS V

Nasirun, Nasirun and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS NASIRUN_A2G021045 (2) - NASIRUN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

ujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design (penelitian eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN Trans Pendingan sebanyak 25 anak sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Anyar sebanyak 24 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest. Instrumen yang diberikan sebanyak 20 soal yang terdiri dari aspek pemahaman konsep berjumlah 15 soal PG dan aspek keterampilan proses sains berjumlah 5 soal Essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ni rata-rata variabel pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan peningkatan sebesar 20,72 % Sedangkan nilai rata-rata variabel keterampilan proses sains memiliki perbedaan peningkatan sebesar 4,63%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran IPA dengan model kooperatif tipe Group Investigation berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada siswa kelas V Kata kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, LKS, Pemahaman Konsep, Keterampilan Porses Sains

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:01
Last Modified: 12 Sep 2024 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21459

Actions (login required)

View Item View Item