PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI SIKLUS AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

HANDAYANI, NING and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI SIKLUS AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS NING HANDAYANI NPM A2G021046_compressed - ning handayani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Leraning terhadap kemampuan berpikir kritis aspek memberikan penjelasan sederhana serta mengatur strategi dan taktik pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Banpres dan seluruh siswa kelas V SDN 2 Banpres. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN1 Banpres berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2 Banpres berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang diberikan berupa tes tertulis terdiri atas variabel keterampilan berpikir kritis aspek memberikan penjelasan sederhana serta aspek mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis aspek memberikan penjelasan sederhana serta aspek mengatur strategi dan taktik siswa kelas V SDN 1 Banpres. Kata Kunci : Lembar kerja Peserta Didik, Model Problem Based Learning, , Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:04
Last Modified: 12 Sep 2024 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21460

Actions (login required)

View Item View Item