UTOYO, PANDU and Agus, Susanta and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V(LIMA) SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS PERPUS PANDU UTOYO A2G021051_compressed (1) - pandu utoyo.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Project based learning pada materi bangun ruang, dan meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analisis, Rancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jangkat. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar angket respon peserta didik serta lembar tes soal. Data hasil pengembangan LKPD kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan Gregory dan reliabilitas interrater reliability, tanggapan siswa dianalisis menggunakan skala Guttman dengan metode cheklist, serta analisis kuantitatif menggunakan uji-t. Dari penelitian ini diketahui bahwa validasi bahasa, materi dan penyajian terhadap LKPD sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Respon siswa senang dan tertarik mengikuti pelajaran. Berdasarkan uji N-Gains dari penggunaan LKPD mendapatkan nilai skor sebesar 0,75 dalam kategori tinggi. Sehingga pemahaman konsep Matematika siswa yang menggunakan LKPD berbasis PjBL ,lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak menggunakan LKPD sehingga dinyatakan efektif. Kata kunci: LKPD, Project Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep, .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21461 |
Actions (login required)
View Item |