PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI MODEL PISA DENGAN KONTEKS MUSI RAWAS KELAS V SEKOLAH DASAR

UTARI, TRIE and Agus, Susanta and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI MODEL PISA DENGAN KONTEKS MUSI RAWAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS TRIE UTARI NPM A2G021062_compressed - Trie Utari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan logis, empiris dan profil kemampuan numerasi siswa. Produk pengembangan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi model PISA dengan konteks Musi Rawas Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa 20 orang siswa kelas 5 SDN 1 Terawas untuk menguji kelayakan secara empiris, dan 18 orang siswa kelas 5 SDN Pasenan untuk menganalisis profil kemampuan numerasi. Instrumen AKM numerasi terdiri dari 20 butir soal berbentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan uraian yang disusun menggunakan level kognitif AKM numerasi dan level PISA 1-3. Data hasil validasi ahli konten, ahli kontruksi, dan ahli bahasa memiliki indeks lebih dari 0,4 dan dinyatakan valid secara keseluruhan dan layak secara logis. Hasil validitas empiris yaitu 19 soal valid dan 1 soal tidak valid. Nilai reliabilitas butir soal dikotomi yaitu sebesar 0,89 dengan kategori “sangat tinggi”, dan nilai reliabilitas butir soal kontinyu yaitu sebesar 0,74 dengan kategori “sangat tinggi”. Daya pembeda butir soal yaitu sebanyak 13 soal terinterpretasi “sangat baik”, 6 soal terinterpretasi “baik”, dan 1 soal terinterpretasi “kurang baik” dan dibuang. Analisis tingkat kesukaran soal terdapat 1 soal memiliki tingkat kesukaran “mudah”, 15 soal memiliki tingkat kesukaran “sedang”, terdapat 4 soal memiliki tingkat kesukaran “sulit”. Maka produk yang dihasilkan yaitu 19 soal yang layak secara empiris. Untuk analisis profil kemampuan numerasi diperoleh dari rata-rata nilai tes AKM numerasi siswa berdarkan nilai tiap level AKM dan level numerasi PISA diketahui bahwa rata-rata nilai siswa pada level 1 (pemahaman) yaitu 64, level 2 (penerapan) rata-rata nilai siswa yaitu 71, level 3 (penalaran) rata-rata nilai siswa yaitu 57. Kata kunci : AKM numerasi, Model PISA, Konteks Musi Rawas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:21
Last Modified: 12 Sep 2024 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21466

Actions (login required)

View Item View Item