PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS IV

YAHANAN, YAHANAN and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS YAHANAN NEWww 1-5 ttd - Desy Putri Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik dan pemanfaatan lingkungan sekolah.(2) mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap penguasaan konsep IPA pada siswa kelas IV. (3) mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dan pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental atau eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pre-test-pos-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Muara Kulam tahun pelajaran 2022/2023. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh persentase kelas eksperimen 68% kemudian kelas kontrol 62%, untuk pertemuan ke kedua hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen seberar 93% dan kelas kontrol 86%. Nilai rata-rata keterampilan proses siswa pada pertemuan pertama di kelas eksperimen adalah 79,7%sedangkan di kelas kontrol adalah 64,6%. Nilai rata-rata hasil observasi keterampilan proses sains pada pertemuan kedua di kelas eksperimen adalah 84,8% sedangkan di kelas kontrol adalah 74,6%. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig = 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kriteria pengujian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik terhadap penguasaan konsep siswa kelas IV SD Negeri Muara Kulam. Kata Kunci:Pendekatan Saintifik, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:22
Last Modified: 12 Sep 2024 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21467

Actions (login required)

View Item View Item