PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PUBERTAS KELAS VI SD

SILMI ZOHRO, MIFTAHUS and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PUBERTAS KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
thesis silmi - Miftahussilmi zohro.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Discovery Learning (DL) berbantuan Multimedia Interaktif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Pubertas kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yakni sebuah penelitian yang menggunakan angka mulai dari pengumpulan data, serta menganalisisnya dengan menggunakan statistik, penafsiran data dan penampilan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran DL berbantuan media. Uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dalam kedua kelompok kelas terjadi peningkatan sekitar 46% dalam kategori sedang untuk kemampuan mengidentifikasi masalah. Rerata nilai pretest dan posttest kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat dari 53,35 menjadi 74,95. Meskipun terjadi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih tergolong dalam kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran DL berbantuan media dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, namun diperlukan lebih banyak latihan dan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan tersebut. . Kata kunci: Discovery Learning, Multimedia Interaktif, Berpikir Tingkat Tinggi, IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:28
Last Modified: 12 Sep 2024 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21468

Actions (login required)

View Item View Item