PUSPITA SARI, YENI and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN APLIKASI PREZI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
YENI PUSPITA SARI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Yenny puspitasari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, media, dan respon siswa, serta efektifitas penerapan multimedia interaktif dengan aplikasi prezi berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian adalah 20 siswa kelas V SDN 78 Bengkulu Selatan (kelas kontrol) dan 20 siswa kelas V SDN 73 Bengkulu Selatan (kelas eksperimen). Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan Aiken’s V dan reliabilitas Interrater Reliability, tanggapan guru dan siswa, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan N-gain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan media, serta respon siswa terhadap multimedia interaktif prezi sangat layak digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil efektifitas multimedia interaktif prezi efektif berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa dengan N-gain score 62% (kategori sedang) terhadap kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol 32% (kategori sedang). Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Prezi, Hasil Belajar Kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:36 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21470 |
Actions (login required)
View Item |