KLAIM TIONGKOK ATAS LAUT TIONGKOK SELATAN DITINJAU DARI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE LAW OF THE SEA 1982 (UNCLOS 1982)

Nopa, Liansi and Deli, Waryenti and PE.Suryaningsih, Suryaningsih (2017) KLAIM TIONGKOK ATAS LAUT TIONGKOK SELATAN DITINJAU DARI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE LAW OF THE SEA 1982 (UNCLOS 1982). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI NOPA LIANSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOPA LIANSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketika United Nations Convention on the Law of the Sea 1982 yang merupakan kiblat dari seluruh peraturan tentang hukum laut tidak ditaati oleh negara yang meratifikasi dalam hal ini Tiongkok, maka mengundang persoalan terkait apa dasar hukum Tiongkok mengklaim Laut Tiongkok Selatan dan tindakan apa yang dapat dilakukan oleh negara-negara yang terkena dampak klaim. Untuk mendapatkan klarifikasi secara ilmiah, maka permasalahan tersebut diteliti dengan menggunakan metode yuridis normatif dan konseptual. Penelitian ini mengungkap klaim Tiongkok atas Laut Tiongkok Selatan untuk dibandingkan dengan United Nations Convention on the Law of the Sea 1982 sebagai pedoman penegakan atas wilayah laut. Sekaligus mengkaji tindakan yang dibenarkan oleh hukum sebagai bentuk perlawanan negara yang terkena dampak klaim. Hasil penelitian menujukkan bahwa klaim yang dilakukan oleh Tiongkok atas Laut Tiongkok Selatan berdasarkan fakta sejarah bukan berdasarkan United Nations Convention on the Law oh the Sea 1982. Sedangkan, bagi negara-negara yang terkena dampak klaim dapat melakukan protes yang berujung penyelesaian secara damai atau mengajukan gugatan ke Pengadilan Internasional. Kata kunci: United Nations Convention on the Law of the Sea 1982, Tiongkok, Laut Tiongkok Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:38
Last Modified: 17 Sep 2024 04:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21483

Actions (login required)

View Item View Item