MANAJEMEN PEMBIAYAAN SEKOLAH ( Studi Perbandingan SDN 2 Sungai Baung dan Mi Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu )

KADIR, ABDUL and Sudarwan, Danim and Zakaria, Zakaria (2023) MANAJEMEN PEMBIAYAAN SEKOLAH ( Studi Perbandingan SDN 2 Sungai Baung dan Mi Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Abdul Kadir.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menganalisis manajemen pembiayaaan di SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan pembiayaan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi perbandingan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang Kecamatan Rawas Ulu. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain: (1) Perencanaan Pembiayaan pada SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu membuat RKS dan RKAS yang memuat RAPBS dengan melibatkan stakeholders sekolah dan belum melibatkan tokoh masyarakat, alumni, pengusaha, anggota profesi; (2) Kedua Sekolah Dasar telah melakukan pengorganisasian pembiayaan yang baik; (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun; (4) Sekolah Dasar Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu menyusun RKS dan RKAS yang di dalamnya memuat RAPBS; (5) Pelaporan Pembiayaan pada SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di kecamatan Rawas Ulu dilakukan dengan mulai dari penyusunan keuangan sesuai dengan peraturan dan pembiayaan disusun secara rutin setiap tahun. Kata Kunci: Manajemen, Pembiayaan, Sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:07
Last Modified: 18 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item