A STUDY OF ENGLISH TEACHERS’ ORAL QUESTIONS IN TEACHING ENGLISH AT A SELECTED VOCATIONAL SCHOOL IN KOTA BENGKULU

Simanjuntak, Martha Herlinawati and Esti , Ambaratsari and Eka , Novita (2013) A STUDY OF ENGLISH TEACHERS’ ORAL QUESTIONS IN TEACHING ENGLISH AT A SELECTED VOCATIONAL SCHOOL IN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-mar.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-mar.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanyaan lisan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas X di SMKN 1 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan selama tiga kali pertemuan proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk melihat pertanyaan-pertanyaan yang digunakan oleh guru di dalam kelas, selama ± 90 menit pada setiap pertemuan.Peneliti menggunakan checklist untuk mengklasifikasikan setiap pertanyaan guru berdasarkan Klasifikasi Brown (2007). Kemudian, peneliti juga mewawancarai setiap guru untuk menemukan tujuan guru dalam menggunakan pertanyaan ketika mengajar bahasa Inggris. Persentasi pertanyaan guru Bahasa Inggris dalam mengajar Bahasa Inggris dihitung dengan menggunakan rumus persentasi seperti yang disarankan Sudijono (2009). Penelitian ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris menggunakan lima kategori pertanyaan yaitu pertanyaan knowledge (47.55 %), comprehension (20.89 %), application (18.22 %), analysis (10.67 %), and evaluation (2.67%). Pertanyaan yang dominan digunakan oleh guru adalah pertanyaan knowledge. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hampir semua kategori pertanyaan (lima dari tujuh kategori pertanyaan) digunakan oleh tiga guru bahasa inggris pada salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 28 Nov 2013 15:11
Last Modified: 28 Nov 2013 20:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item