IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION BY USING GROUP WORK ACTIVITY At SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU (A Classroom Action Research at the Second Year Students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu on 2012/2013 Academic Year)

Masri, Masri and Rudi , Afrianzi and Mei , Hardiah (2013) IMPROVING STUDENT’S READING COMPREHENSION BY USING GROUP WORK ACTIVITY At SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU (A Classroom Action Research at the Second Year Students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu on 2012/2013 Academic Year). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-mas.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-mas.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana penggunaan Group Work Activity bisa meningkatkan pemahaman membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 31 orang siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif dan kuantitatif data untuk melihat peningkatan pemahaman membaca siswa dan situasi kelas selama penerapan strategi. Instrument penelitian ini adalah tes pemahaman membaca (Reading Comprehension test) dan Observation Checklist. Berdasarkan hasil data dari test yang telah dilakukan di akhir setiap siklus dan analisa observation checklist, bisa dijelaskan bahwa pemahaman membaca siswa mengalami peningkatan. Pada siklus pertama, ada 58, 07% dari total siswa kelas VIII D yang melewati standar nilai (70). Dan pada siklus kedua, ada 77, 41% dari total siswa kelas VIII D yang melewati standar nilai (70). Sebagai tambahan, Group Work Activity telah sukses meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui peningkatan motivasi dan ketertarikan siswa. Hal ini bisa dilihat pada sikap dan keantusiasan siswa selama kelas membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 28 Nov 2013 15:20
Last Modified: 28 Nov 2013 20:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item