INDEPENDENSI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENYUSUN DAN MENETAPKAN PERATURAN KPU TERKAIT PENYELENGGARAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH

ANGGUN, KHARISMA CHAIRSTI and Amancik, Amancik and Edra, Satmaidi (2017) INDEPENDENSI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENYUSUN DAN MENETAPKAN PERATURAN KPU TERKAIT PENYELENGGARAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
(SKRIPSI ANGGUN KHARISMA CHAIRSTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lahirnya Norma Pasal 9 huruf a Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa KPU dalam penetapan PKPU harus berkonsultasi dengan KPU yang mana keputusannya bersifat mengikat. Kata mengikat dari rumusan norma tersebut memperlihatkan bahwa adanya campur tangan DPR dan Pemerintah dalam Pembentukan Peraturan KPU yang sejatinya merupakan kewenangan mutlak dari KPU. Hal ini membuat timbul pertanyaan seputar kedudukan hukum konsultasi yang dilakukan oleh KPU kepada DPR dan Pemerintah terkait pembentukan Peraturan KPU, dan juga terkait keindependensian KPU dalam pembentukan Peraturan KPU berdasarkan Pasal 22E UUD 1945. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Sumber penelitian berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penelusuran kepustakaan. Metode pengolahan bahan hukum dilakukan dengan menyusun secara sistematis, logis dan rasional dari bahan hukum yang diperoleh. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis yuridis kualitatif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa (1) Kedudukan Konsultasi berdasarkan norma Pasal 9 huruf a tersebut adalah tidak sah karena bertentangan dengan kaidah hukum dan teori hukum yang ada, (2) KPU sebagai Komisi Negara Independen dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah sejatinya memiliki Independensi, termasuk didalamnya independensi fungsional terkait hal pembentukan peraturan atau kebijakan. Kata Kunci : Independensi, KPU, Peraturan KPU, Pemilihan Kepala Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:47
Last Modified: 26 Sep 2024 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item