ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Lailaturropikoh, Batubara and Basuki, Sigit Priyono and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Format Fakultas_Lailaturropikoh Batubara_E1D017043 - Lailaturropikoh Btr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pendapatan ialah semua penghasilan yang didapat oleh seorang karyawan rumah tangga atau pedagang dalam rangka bekerja atau berusaha. Setiap usaha memiliki pendapatan yang berbeda. Usaha yang berkembang menciptakan persaingan antar pengusaha untuk mendapatkan keuntungan. Penghasilan ini kemudian dapat digunakan sebagai sarana untuk menghidupi diri sendiri. Semakin tinggi pendapatan yang diperoleh semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Pemasaran memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, seperti terlihat dalam penciptaan utilitas produk. Fungsi pemasaran memberikan nilai tambah dari suatu barang atau komoditas dengan meningkatkan kualitas dari barang tersebut. Dalam menarik keinginan pembeli terhadap produk yang dihasilkan maka setiap usaha membutuhkan pemasaran serta kegiatan promosi. Penelitian dilakukan di Jalan Istiqomah No.7 Kota Panyabungan Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM Kipang Pulut Dian, pedagang grosir, pedagang pengecer, dan konsumen yang berada di Kota Panyabungan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif berguna untuk menganalisis pendapatan dan pemasaran produk UMKM Kipang Pulut Dian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan yang diterima oleh produsen Kipang Pulut Dian di Kota Panyabungan Provinsi Sumatera Utara adalah Rp 22.608.000/bulan, saluran pemasaran terdiri dari produsen ke konsumen, produsen kepedagang pengecer lalu ke konsumen, produsen kepedagang pengecer I kemudian kepedagang pengecer II lalu ke konsumen. Margin pemasaran I Rp 5.000/pack, saluran pemasaran II Rp 15.000/pack, dan saluran pemasaran III Rp 5.000/pack. Kata Kunci: Pendapatan, Pemasaran, Kipang Pulut Dian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:33
Last Modified: 26 Sep 2024 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item