Susela, Dina and Catur, Wulandari and Ria, Ariesta (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS NARASI BERBASIS PENDEKATAN GENRE PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DINA SUSELA A1A019055_ - dina susela.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
LKS yang tersedia di sekolah masih memiliki kelemahan yaitu, segi fisik, pemilihan warna terlalu banyak sehingga mengurangi estetika, kertas yang digunakan sangat tipis sehingga mudah rusak. Segi isi, cerita teks yang ada dalam LKS masih menggunakan cerita lama dan kebahasaan. Sehingga masih perlu dikembangkannya LKS teks narasi berbasis pendekatan genre. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan LKS teks narasi siswa kelas VII SMP. (2) Mendeskripsikan hasil desain pengembangan LKS berbasis pendekatan Genre teks narasi siswa kelas VII SMP. (3) Mengetahui kelayakan produk LKS teks narasi berbasis pendekatan Genre siswa kelas VII SMP. (4) Mendeskripsikan hasil implementasi LKS berbasis pendekatan Genre teks narasi siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Analisis LKS, Lembar validasi ahli materi, praktisi dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 15 orang siswa kelas VII.2. Adapun hasil dari penelitian yaitu: (1) Analisis kebutuhan LKS menyatakan bahwa LKS membutukan pengembangan dengan membuat LKS lebih menarik dari segi tampilan dan isi. (2) Pengembangan LKS melalui tahapan perancangan kebutuhan LKS dan kerangka LKS. (3) Kelayakan LKS di uji oleh ahli materi dan praktisi. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari ahli materi dan praktisi memperoleh persentase keseluruhan dari ahli materi sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan praktisi 81% dengan kategori sangat layak. (4) Implementasi penggunaan LKS kepada siswa berjumlah 15 orang siswa dan respon siswa terhadap LKS mendapatkan hasil dengan persentase keseluruan sebesar 81,5% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan LKS, model ADDIE, teks narasi, pendekatan Genre
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 04:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21613 |
Actions (login required)
View Item |