PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK PERCEPTION, MATERIALISM, DAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP PERILAKU BERUTANG MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Wening, Dwi Fatonah and Kamaludin, Kamaludin and Berto, Usman (2023) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK PERCEPTION, MATERIALISM, DAN IMPULSIVE BUYING TERHADAP PERILAKU BERUTANG MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WENING DWI FATONAH - Wening Dwi Fatonah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk hidup yang tidak mungkin lepas dari berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk memperoleh kebutuhan tersebut, manusia membutuhkan kemampuan finansial agar bisa mendapatkan finansial yang cukup, perilaku berutang menjadi salah satu pilihan cara untuk memenuhi kebutuhan. Utang merupakan fenomena yang dianggap paling banyak terjadi di masyarakat (Hamid & Loke, 2020). Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total pinjaman fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang dilakukan peminjam perseorangan di Indonesia tahun 2023 sebesar Rp44,62 triliun (cnbcindonesia.com). Perilaku berutang bukan hanya terjadi di kehidupan rumah tangga tetapi juga dialami oleh kalangan anak muda khususnya pelajar atau mahasiswa. Survei oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi.id dalam dw.com, menyatakan sebanyak 14% pengguna paylater merupakan generasi z dan milenial (www.dw.com). Faktor yang dapat mempengaruhi utang tidak murni dari variabel keuangan saja, tetapi kemungkinan terdapat variabel non-keuangan seperti perilaku juga dapat mempengaruhinya (Azma et al., 2019). Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh financial literacy, risk perception, materialism dan compulsive buying terhadap perilaku berutang mahasiswa Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui data primer yang didapatkan dari angket yang disebar secara offline dan online. Kusioner yang diperoleh dari penyebaran ini sebanyak 250 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode probability sampling dengan menggunakan teknik proportionate stratified sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) financial literacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku berutang mahasiswa S1 Universitas Bengkulu; 2) risk perception berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku ix berutang mahasiswa S1 Universitas Bengkulu; 3) materialism berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berutang mahasiswa S1 Universitas Bengkulu; 4) impulsive buying berpengaruh positif tidak signifikan terhadap perilaku berutang mahasiswa S1 Universitas Bengkulu. Implikasi pada penelitian ini menyatakan bahwa financial literacy yang baik dan tingkat risk perception yang tinggi pada mahasiswa berperan penting dalam mengelola keuangan dan pembentukan perilaku berutang atau tidak. materialism dan impulsive buying yang tergolong rendah pada mahasiswa berpengaruh pada rendahnya tingkat pengambilan utang sebab tidak adanya ketertarikan pada barang mahal dan tidak adanya pembelian secara spontanitas akan menimbulkan penghematan sehingga tidak mudah berutang. Adapun saran praktis dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa untuk terus meningkatkan literasi keuangannya dan memiliki persepsi risiko yang baik agar tidak terjebak pada perilaku berutang. Di era banyaknya tawaran produk dan jasa melalui media sosial dan e-commerce, mahasiswa juga harus bisa menghindari sikap materialism dan mengendalikan diri untuk tidak mudah berbelanja secara spontanitas (impulsive buying). Kata Kunci: Financial Literacy, Risk Perception, Materialism, Impulsive Buying, Perilaku Berutang, Theory of Planned Behavior .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 06:36
Last Modified: 26 Sep 2024 06:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item