PENGARUH PROFESIONASLISME, PENAMPILAN ATRAKTIF, INTERAKSI REAL TIME, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP PURCHASE INTENTION SAAT LIVE STREAMING DI TIKTOK

Febri, Yanti and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH PROFESIONASLISME, PENAMPILAN ATRAKTIF, INTERAKSI REAL TIME, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP PURCHASE INTENTION SAAT LIVE STREAMING DI TIKTOK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Febri Yanti - Febri Yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang terkenal dikalangan masyarakat, saat ini Tiktok menyediakan fitur yang dapat membuat pengguna mereka berbelanja produk secara online, fitur tersebut dikenal dengan nama Tiktok Shop. Mengingat saat ini jual beli online sudah menjadi trending topik di seluruh dunia salah satunya Indonesia, banyak perusahaan yang menggunakan media internet untuk mempromosikan produk mereka salah satunya dengan promosi produk melalui live streaming di Tiktok Shop. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh profesionalisme, penampilan atraktif, interaksi real time, dan price discount terhadap purchase intention. Stimulus Organisme Responce (SOR) diusul oleh Mehrabian & Russel pada tahun 1974 dan kemudian di modifikasi oleh Jacoby tahun 2002 (Sun et al., 2022). Purchase intention mengacu pada kemungkinan perilaku konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa dalam kegiatan pemasaran (Zhang et al., 2020). Profesionalisme merupakan keahlian live streamer/penyiar siaran langsung untuk memasarkan produk, memberikan informasi yang akurat dan mengetahui produknya dengan baik (Zhong et al., 2022). Penampilan atraktif yaitu penampilan yang menarik dari seorang streamer yang penting untuk menarik niat beli konsumen (Song & Liu, 2021). Interaksi real time yaitu interaksi secara langsung dengan konsumen online ( Lessel et al., 2017). Price discount merupakan pengurangan harga yang ditentukan oleh penjual pada waktu tertentu dan dengan harga tertentu ( Parreault et al., 2017). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. kuesioner mendapatkan 190 responden yang memiliki kriteria 1) Berusia 17-30 tahun. 2) Responden yang pernah menonton live streaming penjualan produk yang dilakukan live streamer di aplikasi Tiktok. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, artinya semakin besar reaksi positif individu yang mempunyai niat beli pada produk saat live streaming Tiktok, maka purchase intention individu tersebut juga akan semakin meningkat. 2) penampilan atraktif berpengaruh positif dan siginfikan terhadap purchase intention, maka purchase intention pada individu yang memiliki niat untuk membeli produk saat live streaming Tiktok juga akan semakin meningkat. 3) Interaksi real time berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. 4) Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention artinya semakin besar diskon yang diberikan kepada konsumen maka semakin xi besar juga purchase intention yang timbul saat konsumen melihat penjualan produk ketika live streaming di Tiktok shop. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan menambah variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen dan menjelaskan variabel dependen tersebut. Selain itu diharapkan untuk memperluas populasi penelitian seluruh pengguna Tiktok yang ada di Indonesia. Keterbatasan pada penelitian ini terdapat pada pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner karena jawaban yang diberikan responden kadang tidak menunjukkan keadaan yang sebenarnya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:13
Last Modified: 26 Sep 2024 07:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item View Item