IMPULSE BUYING DURING LIVE STREAMING AND FLASH SALE OF TOKOPEDIA IN INDONESIA

Ego, Agung Pusaka and Rina, Suthia Hayu and Fachri, Eka Saputra (2023) IMPULSE BUYING DURING LIVE STREAMING AND FLASH SALE OF TOKOPEDIA IN INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI EGO AGUNG PUSAKA CETAK 2023 DEAL - Ego Agung Pusaka Ego Agung Pusaka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini mengakibatkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Kemajuan teknologi telah mempengaruhi banyak aspek di kehidupan manusia, salah satu kemajuan teknologi adalah aspek perdagangan. Saat ini belanja online merupakan hal baru yang harus segera diadaptasikan oleh masyarakat luas karena dengan melakukan belanja online masyarakat dapat tetap memenuhi kebutuhannya tanpa harus ke toko offline, cukup dengan menggunakan gadget dan koneksi internet. Perilaku impulse buying merupakan perilaku pembelian secara tak terencana tanpa memikirkan konsekuensinya. Selain itu penelitian ini didasarkan pada teori S-O-R yang dikembangkan oleh (Hovland, et al.,1953) menyatakan bahwa stimulus berupa pesan yang akan dapat menimbulkan rangsangan dan akan memberikan efek berupa respon pada seseorang. Dalam hal ini stimulus yang digunakan live streaming dan flash sale, Organism dalam penelitian ini berupa emosi positif, sedangkan respon yang di harapkan pada penelitian impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif di mana terdapat pengujian hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris apakah live streaming dan flash sale memiliki pengaruh terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dimana sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi Tokopedia yang berusia 18-40 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210, dari 210 responden terdapat 4 data responden tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan tetapi tetap melanjutkan mengisi kuesioner. Dari 210 responden yang masuk, hanya 206 yang diolah. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif, emosi positif memediasi pengaruh live streaming terhadap impulse buying, dan emosi positif memediasi pengaruh flash sale terhadap impulse buying . ix Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, peneliti menemukan bahwa live streaming, flash sale dan emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Selain itu peneliti selanjutnya diharapkan mampu meneliti dengan variabel yang lebih baik lagi di masa depan. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat menyebarkan kuesioner lebih luas dan lebih merata di Indonesia, sehingga mampu merepresentasikan populasi Masyarakat Indonesia yang sering melakukan impulse buying di Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:16
Last Modified: 26 Sep 2024 07:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item View Item