Elita, Novalina Br Sitorus and Nasution, Nasution and Slamet, Widodo (2023) KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PAMOR GANDA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_Kelvin Rion_Agustiawan (C1A019095) 1 - Kelvin Rion Agustiawan.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting untuk membangun suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang baik akan mengelola sumber daya yang lain yang dimiliki perusahaan dengan baik untuk menghasilkan produk yang menguntungkan. Pengelolaan sumber daya manusia yang profesional sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan, efektifitas dan efisien organisasi karyawan. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dan karyawan dapat memberikan kontribusi yang positif. Tingkat keberhasilan organisasi dapat dilihat melalui pencapaian tujuan organisasi yang didukung oleh kinerja yang optimal. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Persepsi dukungan organisasi adalah penilaian karyawan terhadap organisasinya sejauh mana organisasi tempatnya bekerja menghargai kontribusi kinerja karyawan, sejauh mana kesesuaian terhadap imbalan atau penghargaan yang diberikan organisasi, serta sejauh mana organisasi peduli terhadap kesejahteraan karyawannya. Keterlibatan kerja adalah adalah keadaan mental seseorang terkait dengan pekerjaannya yang bersifat positif dan secara penuh terlibat dalam berbagai tugas organisasi yang menetap. Kepuasan kerja merupakan suatu perasaan menyenangkan merupakan hasil persepsi individu dalam rangka menyelesaiakan tugas atau memenuhi kebutuhannya untuk memperoleh nilai-nilai kerja yang penting bagi dirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner secara offline. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang bekerja di PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini memiliki 38 pernyataan yang diberikan kepada responden. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan kriteria dari Hair et al., (2010) yaitu minimal 5 kali dan maksimum 10 kali dari jumlah indikator. Maka jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 191 responden. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SEM dengan bantuan SmartPls versi 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Persepsi dukungan organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan viii kerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Persepsi dukungan organisasi secara signifikan terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh positif melalui kepuasan kerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja secara signifikan terhadap kinerja karyawan memiliki ppengaruh positif melalui kepuasan kerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian beberapa saran yang dapat diberikan berkaitan dengan persepsi dukungan organisasi, keterlibatan kerja, kinerja, dan kepuasan kerja pada karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara adalah (1) Disarankan bagi Pimpinan PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara terus meingkatkan pemberian dukungan organisasi terhadap karyawan PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara dengan lebih menghargai kontribusi, lebih memperhatikan kepuasan kerja karyawan, (2) Persepsi dukungan organisasi PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara sudah baik, namun pada pernyataan “organisasi memberi perhatian setiap keluhan saya saat bekerja” hal ini perlu dievaluasi perusahaan dengan memberikan saran dan bantuan pada karyawan yang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya agar karyawan merasa diperhatikan oleh organisasi dan akan mengakibatkan kinerja karyawan meningkat, (3) Keterlibatan karyawan PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara sudah baik. Namun, pada pernyataan “Saya selalu memberikan ide/gagasan saya untuk kemajuan perusahaan” hal ini perlu diperhatikan oleh perusahaan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan lebih berpartisipasi dalam menyuarakan pendapat. Perusahaan juga memberikan apresiasi kepada karyawan agar karyawan merasa apa yang mereka berikan kepada perusahaan berarti bagi perusahaan. Sehingga karyawan menjadi lebih semangat dalam bekerja, merasa bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dan merasa nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21636 |
Actions (login required)
View Item |