ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA MASYARAKAT INDONESIA

Dwi, Herawani and Dewi, Rahmayanti and Berto, Usman (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA MASYARAKAT INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Dwi Herawani (C1B019010) - Dwi Herawani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Financial Technology diakui sebagai salah satu inovasi penting dalam industri keuangan, FinTech memberikan layanan keuangan berbasis digital berupa internet banking, phone banking, mobile banking. Data dari Bank Indonesia volume transaksi beberapa layanan digital banking selama tiga tahun terakhir menunjukkan adanya peningkatan mengenai pengunaan mobile banking yang cukup signifikan. Dimana pada tahun 2019 sebesar 2.360.094, tahun 2020 sebesar 3.427.101, dan tahun 2021 sebesar 5.534.245. Mobile banking merupakan layanan antarmuka (inter face) dimana pelanggan dapat mengakses sistem perbankan dengan menggunakan perangkat ponsel. Meningkatnya pengguna mobile banking menunjukan sektor perbankan yang semakin kompetitif Sehingga, semakin ketatnya persaingan antar bank membuat bank berlomba lomba memberikan pelayanan jasa yang sangat baik. Layanan yang baik tersebut dilakukan dengan tujuan agar semakin banyak konsumen (nasabah) yang tertarik untuk menggunakan jasa perusahaan. Penelitian ini menggunakan model teori Technology Acceptance Model (TAM). Pendekatan TAM dipilih karena teori ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai penerimaan teknologi dan perilaku para penggunanya). Model TAM menyatakan sikap terhadap penggunaan teknologi baru sebagai konstruksi yang dijelaskan oleh dua prediktor yaitu: perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan) dan perceived ease of use (kemudahan penggunaan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online melalui media sosial seperti whatsapp, instagram, dan telegram. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan snowball sampling sebagai metode pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna mobile banking di Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 173 responden yaitu masyarakat umum se Indonesia. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan Software SMARTPLS 4.0. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1) persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh terhadap kegunaan yang dirasakan, yang berarti bahwa semakin tinggi kemudahan yang dirasakan pada pengguna mobile banking maka kegunaan yang dirasakan oleh pengguna akan meningkat.. 2) persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh terhadap niat perilaku, yang berarti bahwa semakin tinggi kemudahan yang dirasakan pada pengguna mobile banking maka niat perilaku oleh pengguna akan meningkat. 3) persepsi kegunaan yang dirasakan memiliki pengaruh terhadap niat perilaku, yang berarti bahwa semakin tinggi niat perilaku pada pengguna mobile banking penggunaan mobile banking x akan meningkat. 4) niat perilaku memiliki pengaruh terhadap penggunaan mobile banking, yang berarti bahwa semakin tinggi niat perilaku pada pengguna mobile banking penggunaan mobile banking akan meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua hipotesis didukung. Saran penelitian selanjutnya yaitu diharapkan agar dapat perlu dilakukan pengkajian dengan cara memperdalam atau mengembangkan variabel penelitian dengan sampel dan populasi lebih besar, Serta peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan data dan literatur pendukung lainnya. Penelitian ini hanya menggunakan data dari hasil kuesioner. Keterbatasan pada penelitian ini Pengukuran data menggunakan kuesioner memiliki beberapa kelemahan diantaranya responden tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut dan Jangkauan peneliti dalam mencari responden masih cukup terbatas pada usia tertentu dan tidak menyebar di setiap provinsi atau pulau dan kota yang ada di Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:48
Last Modified: 26 Sep 2024 08:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item View Item