ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUKA MAJU KECAMATAN AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Feni, Afria Yanti and Benardin, Benardin and Hutapia, Hutapia (2023) ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUKA MAJU KECAMATAN AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Bagi FENI AFYANTI PRIN CETAK - Feni afria Yanti (Afril).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Infrastruktur merupakan segala jenis fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat umum guna mendukung berbagai aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan arti lain, infrastruktur merupakan semua fasilitas, entah itu fisik ataupun non fisik yang dibangun oleh pihak pemerintah atau perorangan guna memenuhi keperluan dasar masyarakat dalam lingkup ekonomi dan sosial. Pembangunan desa ialah proses umum dari rangkaian upaya yang dilakukan di lingkungan desa, yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di desa. Pembangunan pedesaan hanya dapat terjadi dengan baik jika tujuan pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan selaras. Masa lalu menunjukkan bahwa desa dikenal sebagai daerah yang relatif mandiri. Desa Suka Maju merupakan desa yang berlokasi cukup jauh dengan jalan raya atau jalan kota, desa ini tergolong ke dalam desa tertinggal. Desa ini terdiri dari tiga dusun yang dijadikan satu desa yaitu dusun suka maju,dusun tanjung tengah dan dusun tanjung baru, sejak tahun 2003 menjadi sebuah desa yang definitif Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembangunan infrastruktur terhadap sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer. Data primer merupakan data yang berasal dari 93 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualititatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dan informan yang dipilih sebanyak 93 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap perangkat desa,BPD, serta masyarakat bahwa dari aspek sosial dan ekonomi pembangunan infrastruktur desa memberikan dampak “Cukup Baik” bagi masyarakat Desa Suka Maju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan dengan nilai rata-rata 58,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:31
Last Modified: 27 Sep 2024 01:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item