ANALISIS PENGARUH PENGANGGURAN DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN TERHADAP PDRB MELALUI KRIMINALITAS DI INDONESIA TAHUN 2012-2021

Wahyu, Atzori and Seprianti, Eka Putri and Yusnida, Yusnida (2023) ANALISIS PENGARUH PENGANGGURAN DAN KETIMPANGAN PENDAPATAN TERHADAP PDRB MELALUI KRIMINALITAS DI INDONESIA TAHUN 2012-2021. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WAHYU ATTHORIQ (C1A017056) FINALE END - Wahyu Atthoriq.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ekonomi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah atas keperluan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terbatas namun dengan sumber daya yang terbatas. Menurut Abraham Maslow (1998), ekonomi merupakan salah satu bidang pengkajian yang mencoba dalam menyelesaikan permasalahan dari keperluan kebutuhan kehidupan manusia melalui penempaan dari segala sumber ekonomi yang ada yang berdasarkan prinsip dan teori-teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap dapat efektif dan efisien. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjelaskan bahwa terdapat persamaan signifikan antara teori yang menghubungkan peningkatan pengangguran, ketimpangan pendapatan, dan kriminalitas dengan penurunan PDRB, dengan data terbaru yang menunjukkan penurunan PDRB. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengangguran, dan ketimpangan pendapatan terhadap PDRB melalui kriminalitas sebagai variabel intervening (mediasi) di 10 Provinsi dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Indonesia periode 2012-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor�faktor yang dapat mempengaruhi PDRB dari sudut pandang kriminalitas. Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan sampel penelitian 10 provinsi dengan tingkat kriminalitas tertinggi yaitu DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Aceh, dan Riau yang diolah menggunakan regresi linear berganda dengan Random Effect Model (REM) dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukan pengangguran dan ketimpangan pendapatan berpengaruh signifikan dan menunjukan hubungan negatif dan positif terhadap kriminalitas. Pengangguran, ketimpangan pendapatan dan kriminalitas berpengaruh signifikan dan menunjukan hubungan negatif terhadap PDRB, Selanjutnya untuk pengaruh secara tidak langsung, bahwa pengangguran tidak berpengaruh signifikan dan ketimpangan pendapatan berpengaruh signifikan dan menunjukan hubungan negatif terhadap PDRB melalui kriminalitas sebagai variabel intervening (mediasi).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:24
Last Modified: 27 Sep 2024 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21651

Actions (login required)

View Item View Item