APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA PO. PUTERA RAFLESIA BENGKULU

YULIANA , YULIANA and SUDARTO, SUDARTO (2006) APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA PO. PUTERA RAFLESIA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-YUL-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V-YUL-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

PO. Putera Raflesia Bengkulu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi angkutan darat. Pada saat ini telah banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, sehingga perusahaan perlu untuk berusaha memperbaiki kinerjanya agar konsumen/penumpang mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada perusahaan sejenisnya. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen perusahaan PO.Putera Raflesia bahwa untuk meningkatkan daya saing, menarik serta mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan perbaikan kepuasan konsumen dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferansi konsumen dan benchmarking), atribut jasa, parameter teknik, respon teknik, hubungan antar atribut, prioritas teknik, kesulitan teknik, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknik. Dalam penelitian ini QFD bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pada PO. Putera Raflesia Bengkulu. Untuk dapat mengetahui keinginan konsumen maka digunakan kuisioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 orang yaitu 60 orang berasal dari PO. Putera Raflesia dan 30 orang berasal dari PO. SAN Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental random sampling yaitu konsumen yang menggunakan jasa PO. Putera Raflesia bus executive class jurusan Bengkulu-Jakarta sebanyak 3 kali atau lebih. Setelah dilakukan pengolahan data maka diperoleh 20 atribut jasa yaitu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan 16 parameter teknik yaitu pelayanan yang diberikan pihak perusahaan terhadap apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan. PO. Putera Raflesia Bengkulu telah memberikan kepuasan konsumen dengan nilai total kinerja atribut jasa (apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan) sebesar 55.95 sedangkan perusahaan pesaing dalam hal ini PO. SAN Bengkulu memberikan kepuasan konsumen dengan nilai total kinerja atribut jasa sebesar sebesar 52.26 yang berarti perusahaan PO. Putera Raflesia Bengkulu lebih unggul dibandingkan PO. SAN Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 28 Nov 2013 15:43
Last Modified: 28 Nov 2013 15:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item View Item